Selasa, 20 Februari 2018

KISI-KISI UN 2017/2018


Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia

Level Kognitif
Lingkup Materi
Membaca Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Terbatas
 Memaknai· Menentukan· Mengidentifikasi·Pengetahuan dan pemahaman
Peserta didik dapat- menentukan makna kata/kalimat pada teks- menentukan informasi tersurat teks- menentukan bagian teks
Peserta didik dapat- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel- menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel- menentukan bagian cerpen dan fabel
Peserta didik dapatmelengkapi istilah/kata dalam kalimat
 Menggunakan konsep/prinsip· Menyimpulkan·Aplikasi
Peserta didik dapat- menentukan ide pokok teks- menyimpulkan isi teks- menyimpulkanpendapat pro/kontradalam teks- meringkas isi teks
Peserta didik dapat- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel- menyimpulkan sebab/akibat konflik
Peserta didik dapat- menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks- melengkapi paragraf- melengkapi bagianteks (eksposisi,deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
 Menanggapi· Membandingkan pola (menganalisis)· Mengevaluasi·Penalaran
Peserta didik dapat- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
Peserta didik dapat- membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
Peserta didik dapat- memvariasikan kata- memvariasikankalimat- menulis dengan ilustrasi tertentu
Level Kognitif
Lingkup Materi
Level Kognitif
Membaca Nonsastra
Membaca Sastra
Menulis Terbatas
 Memvariasikan·
- menilai keunggulan/kelemahan teks- mengomentari isi teks
- membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel- menunjukkan bukti latar dan watak- mengomentari unsur intrinsik karya sastra
- mengubah teks ke bentuk lain


Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Peserta didik dapat- menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah- menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
Peserta didik dapat- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan- menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Peserta didik dapat- menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)- mengisi konjungsi dalam kalimat
Peserta didik dapat- menggunakan ejaan- menggunakan tanda baca
Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduanparagraf
Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki kesalahan

Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Bahasa Inggris


Level Kognitif
Lingkup Materi
Fungsi Sosial
Struktur Teks
 Mengidentifikasi·Pengetahuan danPemahaman
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:- topik/isu/masalah- tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan- akibat/dampak/manfaat- sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi pembicara/penulis- peran dan fungsipendengar/pembaca- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:- pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama- rincian argumentasi, rincian langkah- langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi, rincian unsur-unsur teks- plot, alur pikiran
 Menjelaskan· Mengklasifikasi· Membandingkan·Aplikasi
Peserta didik dapat membandingkanmengklasifikasi, menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial:- topik/isu/masalah- tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan- akibat/dampak/manfaat- sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi pembicara/penulis- peran dan fungsipendengar/pembaca- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat membandingkan.mengklasifikasi, menjelaskanketerkaitan makna antar bagian-bagiandalam teks:- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama- rincian argumentasi, rincian langkah- langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi- plot, alur pikiran
 Menganalisis· Merinci perbedaan/persamaan· Menyimpulkan·Penalaran
Peserta didik dapat menyimpulkan,merinci perbedaan/persamaan, menganalisis aspek-aspek fungsi sosial:- topik/isu/masalah- tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan- akibat/dampak/manfaat- sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi pembicara/penulis- peran dan fungsipendengar/pembaca- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
Peserta didik dapat menyimpulkan,merinci perbedaan/persamaan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks:- pandangan, maksud, pendapat yang menjadi ide utama- rincian argumentasi, rincian langkah- langkah, rincian peristiwa, rincian deskripsi- plot, alur pikiran


Level Kognitif
Lingkup Materi
Unsur Kebahasaan
 Mengidentifikasi·Pengetahuan danPemahaman
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:- persamaan kata- word order- artikel, demonstrative, possessivepronoun- agreement dan number- tense- passive voice- referensi gramatika- kata sambung- preposisi- referensi makna
 Menjelaskan· Mengklasifikasi· Membandingkan·Aplikasi
Peserta didik dapat membandingkan,mengidentifikasi, menjelaskan unsurkebahasaan yang terkait dengan isiteks berikut ini:- persamaan kata- word order- artikel, demonstrative, possessivepronoun- agreement dan number- tense- passive voice- referensi gramatika- kata sambung- preposisi- modal- kalimat conditional- konstruksi derivative- referensi makna
 Menganalisis· Merinci perbedaan/persamaan· Menyimpulkan·Penalaran
Peserta didik dapatmembandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:- persamaan kata- word order- artikel, demonstrative, possessivepronoun- agreement dan number- tense- passive voice- referensi gramatika- kata sambung- preposisi- modal- kalimat conditional- konstruksi derivative- kalimat, frasa, ungkapan simpulan- referensi makna

Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Matematika


Level Kognitif
Lingkup Materi
Bilangan
Aljabar
Geometri dan Pengukuran
 Mengklasifikasi· Menentukan· Memprediksi· Menghitung· Membuat tabulasi· Mendeskripsikan·Pengetahuan danPemahaman
Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- bilangan bentuk akar- pola barisan bilangan- barisan dan deret
Peserta didik dapat memahamipengetahuan tentang:- bentuk aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linier duavariabel
Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- garis dan sudut- segiempat dan segitiga- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkung
 Menyelesaikan masalah· Mengkonstruksi·Aplikasi
Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- operasi bilangan bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- aritmetika sosial- pola barisan bilangan- barisan dan deret
Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- bentuk aljabar- persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linier duavariabel
Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- segitiga dan segiempat- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang- kesebangunan dankekongruenan segitiga- bangun ruang sisi lengkung
 Menginterpretasi· Menyimpulkan· Menafsirkan·Penalaran
Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- bilangan bulat- bilangan pecahan- perbandingan- pola barisan bilangan- barisan dan deret- aritmetika sosial
Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- bentuk aljabar- persamaan linear satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linear duavariabel
Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- segitiga dan segiempat- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkung


Level Kognitif
Geometri dan Pengukuran
 Mengklasifikasi· Menentukan· Memprediksi· Menghitung· Membuat tabulasi· Mendeskripsikan·Pengetahuan danPemahaman
Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- garis dan sudut- segiempat dan segitiga- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkung
 Menyelesaikan masalah· Mengkonstruksi·Aplikasi
Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- segitiga dan segiempat- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang- kesebangunan dankekongruenan segitiga- bangun ruang sisi lengkung
 Menginterpretasi· Menyimpulkan· Menafsirkan·Penalaran
Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- segitiga dan segiempat- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkung

Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel IPA-Biologi


Level Kognitif
Lingkup Materi
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
 Menentukan· Menjelaskan· Menunjukkan· Mengklasifikasi· Mendeskripsikan· Mengidentifikasi·Pengetahuan danPemahaman
Peserta didik dapat memahami dan menguasaikonsep:- gejala alam biotik dan abiotik- ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup- keragaman pada sistem organisasi kehidupan- interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan- bioteknologi
Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:- sistem gerak manusia- sistem pencernaan manusiaLevel Kognitif Lingkup Materi Level Kognitif Makhluk Hidup dan Lingkungannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Pengetahuan dan
Pemahaman
 Mengidentifikasi·
 Mendeskripsikan·
 Mengklasifikasi·
 Menunjukkan·
 Menjelaskan·
 Menentukan"·
Peserta didik dapat memahami dan menguasaikonsep:- gejala alam biotik dan abiotik- ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup- keragaman pada sistem organisasi kehidupan- interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan- bioteknologi
Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:- sistem gerak manusia- sistem pencernaan manusia- sistem peredaran darah manusia- sistem pernapasan manusia- sistem ekskresi manusia- sistem reproduksi manusia- jaringan tumbuhan- pewarisan sifat
 Membandingkan· Memprediksi· Menghubungkan· Menerapkan· Menyimpulkan· Memberi contoh·Aplikasi
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan danpemahaman tentang:- fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu- kepadatan populasi manusia- pencemaran lingkungan- prosedur pengklasifikasian makhluk hidup- kelangsungan makhluk hidup- pemanfaatan bioteknologi
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan danpemahaman tentang:- mekanisme sistem gerak manusia- mekanisme sistem pencernaan manusia dan uji makanan- mekanisme peredaran darah manusia- mekanisme pernapasan manusia- menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia- kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia- percobaan fotosintesis- pewarisan sifat untuk pemuliaan makhluk hidup- penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia
 Menilai· Mengevaluasi· Mensintesis· Menganalisis·Penalaran
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalammengkaji:- pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:- keterkaitan antara sistem organ pada manusia- percobaan fotosintesis- pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkankesejahteraan manusia
 Memberi argumen· Menyelesaikan masalah· Mempertimbangkan·
- dampak interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya- pengaruh kepadatan populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya
- sistem peredaran darah manusia
- sistem pernapasan manusia
- sistem ekskresi manusia
- sistem reproduksi manusia
- jaringan tumbuhan
- pewarisan sifat"
 Membandingkan· Memprediksi· Menghubungkan· Menerapkan· Menyimpulkan· Memberi contoh·Aplikasi
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan danpemahaman tentang:- fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu- kepadatan populasi manusia- pencemaran lingkungan- prosedur pengklasifikasian makhluk hidup- kelangsungan makhluk hidup- pemanfaatan bioteknologi
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan danpemahaman tentang:- mekanisme sistem gerak manusia- mekanisme sistem pencernaan manusia dan uji makanan- mekanisme peredaran darah manusia- mekanisme pernapasan manusia- menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia- kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia- percobaan fotosintesis- pewarisan sifat untuk pemuliaan makhluk hidup- penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia
 Menilai· Mengevaluasi· Mensintesis· Menganalisis·Penalaran
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalammengkaji:- pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:- keterkaitan antara sistem organ pada manusia- percobaan fotosintesis- pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkankesejahteraan manusia
Level Kognitif
Lingkup Materi
Level Kognitif
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
 Memberi argumen· Menyelesaikan masalah· Mempertimbangkan·
- dampak interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya- pengaruh kepadatan populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya

Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel IPA-Kimia dan Fisika


Level Kognitif
Lingkup Materi
Pengukuran, Zat, dan Sifatnya
Mekanika dan Tata Surya
Gelombang, Listrik, dan Magnet
 Menjelaskan· Mengelompokkan· Membedakan· Menunjukkan· Menyebutkan· Mengidentifikasi·Pengetahuan danPemahaman
Peserta didik dapat memahami tentang:- pengukuran- besaran dan satuan- konsep zat dan wujudnya- zat dan perubahannya- zat aditif, zat adiktif, dan psikotropika- partikel zat- campuran- larutan
Peserta didik dapat memahami tentang:- gerak lurus- hukum Newton- usaha dan energi- pesawat sederhana- suhu dan kalor- tekanan- tata surya
Peserta didik dapat memahami tentang:- getaran dan gelombang- bunyi- cahaya- listrik- kemagnetan
 Memodifikasi· Menerapkan· Membandingkan· Mengurutkan· Memprediksi· Mendeskripsikan· Menghitung· Menginterpretasi· Mengklasifikasi·Aplikasi
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:- pengukuran- konsep zat dan wujudnya- zat dan perubahannya- zat aditif, zat adiktif, danpsikotropika- partikel zat- campuran- larutan
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:- gerak lurus- hukum Newton- usaha dan energi- pesawat sederhana- suhu dan kalor- tekanan
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:- getaran dan gelombang- bunyi- cahaya- listrik- kemagnetan
 Merumuskan· Menyelesaikan masalah· Menganalisis· Menggabungkan· Menyimpulkan· Menemukan·Penalaran
Peserta didik dapat bernalar tentang:- konsep zat dan wujudnya- zat dan perubahannya- zat aditif, zat adiktif, danpsikotropika- partikel zat- campuran
Peserta didik dapat bernalar tentang:- gerak lurus- hukum Newton- usaha dan energi- pesawat sederhana- tekanan- suhu dan kalor
Peserta didik dapat bernalar tentang:- getaran dan gelombang- bunyi- cahaya- listrik- kemagnetan

Demikian tulisan tentang: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar