Kisi-kisi Ujian Nasional
(UN) SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Bahasa Indonesia
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||
Membaca Nonsastra
|
Membaca Sastra
|
Menulis Terbatas
|
|
Memaknai· Menentukan· Mengidentifikasi·Pengetahuan dan pemahaman
|
Peserta didik dapat- menentukan makna kata/kalimat pada teks- menentukan
informasi tersurat teks- menentukan bagian teks
|
Peserta didik dapat- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel-
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel- menentukan bagian cerpen
dan fabel
|
Peserta didik dapatmelengkapi istilah/kata dalam kalimat
|
Menggunakan konsep/prinsip· Menyimpulkan·Aplikasi
|
Peserta didik dapat- menentukan ide pokok teks- menyimpulkan isi teks-
menyimpulkanpendapat pro/kontradalam teks- meringkas isi teks
|
Peserta didik dapat- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel-
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel- menyimpulkan sebab/akibat
konflik
|
Peserta didik dapat- menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks-
melengkapi paragraf- melengkapi bagianteks (eksposisi,deskripsi, ulasan, dan
lain-lain)
|
Menanggapi· Membandingkan pola (menganalisis)· Mengevaluasi·Penalaran
|
Peserta didik dapat- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian
beberapa jenis teks
|
Peserta didik dapat- membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
|
Peserta didik dapat- memvariasikan kata- memvariasikankalimat- menulis
dengan ilustrasi tertentu
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||
Level Kognitif
|
Membaca Nonsastra
|
Membaca Sastra
|
Menulis Terbatas
|
Memvariasikan·
|
- menilai keunggulan/kelemahan teks- mengomentari isi teks
|
- membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel- menunjukkan bukti latar
dan watak- mengomentari unsur intrinsik karya sastra
|
- mengubah teks ke bentuk lain
|
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Peserta didik dapat- menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah-
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
|
Peserta didik dapat- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan- menunjukkan
kesalahan penggunaan tanda baca
|
Peserta didik dapat- menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai
kaidah bentukan kata)- mengisi konjungsi dalam kalimat
|
Peserta didik dapat- menggunakan ejaan- menggunakan tanda baca
|
Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan
ketidakpaduanparagraf
|
Peserta didik dapat- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan- memperbaiki
kesalahan
|
Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun
Pelajaran 2017/2018 Mapel Bahasa Inggris
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|
Fungsi Sosial
|
Struktur Teks
|
|
Mengidentifikasi·Pengetahuan danPemahaman
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial:-
topik/isu/masalah- tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan-
akibat/dampak/manfaat- sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi
pembicara/penulis- peran dan fungsipendengar/pembaca- konteks penggunaan
(a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi keterkaitan makna antar
bagian-bagian dalam teks:- pandangan/maksud/pendapat yang menjadi ide utama-
rincian argumentasi, rincian langkah- langkah, rincian peristiwa, rincian
deskripsi, rincian unsur-unsur teks- plot, alur pikiran
|
Menjelaskan· Mengklasifikasi· Membandingkan·Aplikasi
|
Peserta didik dapat membandingkanmengklasifikasi, menjelaskan aspek-aspek
fungsi sosial:- topik/isu/masalah- tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan-
akibat/dampak/manfaat- sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi
pembicara/penulis- peran dan fungsipendengar/pembaca- konteks penggunaan
(a.l. tempat, waktu, situasi, dsb)
|
Peserta didik dapat membandingkan.mengklasifikasi, menjelaskanketerkaitan
makna antar bagian-bagiandalam teks:- pandangan, maksud, pendapat yang
menjadi ide utama- rincian argumentasi, rincian langkah- langkah, rincian
peristiwa, rincian deskripsi- plot, alur pikiran
|
Menganalisis· Merinci perbedaan/persamaan· Menyimpulkan·Penalaran
|
Peserta didik dapat menyimpulkan,merinci perbedaan/persamaan,
menganalisis aspek-aspek fungsi sosial:- topik/isu/masalah-
tujuan/fungsi/pesan- latar belakang/alasan- akibat/dampak/manfaat-
sikap/nilai yang diusung- peran dan fungsi pembicara/penulis- peran dan
fungsipendengar/pembaca- konteks penggunaan (a.l. tempat, waktu, situasi,
dsb)
|
Peserta didik dapat menyimpulkan,merinci perbedaan/persamaan keterkaitan
makna antar bagian-bagian dalam teks:- pandangan, maksud, pendapat yang
menjadi ide utama- rincian argumentasi, rincian langkah- langkah, rincian
peristiwa, rincian deskripsi- plot, alur pikiran
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
Unsur Kebahasaan
|
|
Mengidentifikasi·Pengetahuan danPemahaman
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan
isi teks berikut ini:- persamaan kata- word order- artikel, demonstrative,
possessivepronoun- agreement dan number- tense- passive voice- referensi
gramatika- kata sambung- preposisi- referensi makna
|
Menjelaskan· Mengklasifikasi· Membandingkan·Aplikasi
|
Peserta didik dapat membandingkan,mengidentifikasi, menjelaskan
unsurkebahasaan yang terkait dengan isiteks berikut ini:- persamaan kata-
word order- artikel, demonstrative, possessivepronoun- agreement dan number-
tense- passive voice- referensi gramatika- kata sambung- preposisi- modal-
kalimat conditional- konstruksi derivative- referensi makna
|
Menganalisis· Merinci perbedaan/persamaan· Menyimpulkan·Penalaran
|
Peserta didik dapatmembandingkan, mengidentifikasi, menjelaskan unsur
kebahasaan yang terkait dengan isi teks berikut ini:- persamaan kata- word
order- artikel, demonstrative, possessivepronoun- agreement dan number-
tense- passive voice- referensi gramatika- kata sambung- preposisi- modal-
kalimat conditional- konstruksi derivative- kalimat, frasa, ungkapan
simpulan- referensi makna
|
Kisi-kisi Ujian Nasional
(UN) SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel Matematika
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||
Bilangan
|
Aljabar
|
Geometri dan Pengukuran
|
|
Mengklasifikasi· Menentukan· Memprediksi· Menghitung· Membuat tabulasi· Mendeskripsikan·Pengetahuan danPemahaman
|
Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- operasi bilangan bulat-
operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat- bilangan
bentuk akar- pola barisan bilangan- barisan dan deret
|
Peserta didik dapat memahamipengetahuan tentang:- bentuk aljabar-
persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau
fungsi- persamaan garis lurus- sistem persamaan linier duavariabel
|
Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- garis dan sudut-
segiempat dan segitiga- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang sisi
datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkung
|
Menyelesaikan masalah· Mengkonstruksi·Aplikasi
|
Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- operasi bilangan
bulat- operasi bilangan pecahan- perbandingan- operasi bilanganberpangkat-
aritmetika sosial- pola barisan bilangan- barisan dan deret
|
Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- bentuk aljabar-
persamaan danpertidaksamaan linier satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi-
persamaan garis lurus- sistem persamaan linier duavariabel
|
Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- segitiga dan
segiempat- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang- kesebangunan
dankekongruenan segitiga- bangun ruang sisi lengkung
|
Menginterpretasi· Menyimpulkan· Menafsirkan·Penalaran
|
Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- bilangan
bulat- bilangan pecahan- perbandingan- pola barisan bilangan- barisan dan
deret- aritmetika sosial
|
Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- bentuk
aljabar- persamaan linear satuvariabel- himpunan- relasi atau fungsi-
persamaan garis lurus- sistem persamaan linear duavariabel
|
Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- segitiga dan
segiempat- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan-
bangun ruang sisi lengkung
|
Level Kognitif
|
|
Geometri dan Pengukuran
|
|
Mengklasifikasi· Menentukan· Memprediksi· Menghitung· Membuat tabulasi· Mendeskripsikan·Pengetahuan danPemahaman
|
Peserta didik dapatmemahami pengetahuan tentang:- garis dan sudut-
segiempat dan segitiga- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang sisi
datar- kesebangunan dankekongruenan- bangun ruang sisi lengkung
|
Menyelesaikan masalah· Mengkonstruksi·Aplikasi
|
Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan tentang:- segitiga dan
segiempat- teorema Pythagoras- lingkaran- bangun ruang- kesebangunan
dankekongruenan segitiga- bangun ruang sisi lengkung
|
Menginterpretasi· Menyimpulkan· Menafsirkan·Penalaran
|
Peserta didik dapatmenggunakan nalar yang berkaitan dengan:- segitiga dan
segiempat- lingkaran- bangun ruang sisi datar- kesebangunan dankekongruenan-
bangun ruang sisi lengkung
|
Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel IPA-Biologi
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
|
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
|
|
Menentukan· Menjelaskan· Menunjukkan· Mengklasifikasi· Mendeskripsikan· Mengidentifikasi·Pengetahuan danPemahaman
|
Peserta didik dapat memahami dan menguasaikonsep:- gejala alam biotik dan
abiotik- ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup- keragaman pada sistem
organisasi kehidupan- interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan-
bioteknologi
|
Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:- sistem gerak manusia-
sistem pencernaan manusiaLevel Kognitif Lingkup Materi Level Kognitif Makhluk
Hidup dan Lingkungannya Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup Pengetahuan dan
|
Pemahaman
|
||
Mengidentifikasi·
|
||
Mendeskripsikan·
|
||
Mengklasifikasi·
|
||
Menunjukkan·
|
||
Menjelaskan·
|
||
Menentukan"·
|
Peserta didik dapat memahami dan menguasaikonsep:- gejala alam biotik dan
abiotik- ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup- keragaman pada sistem
organisasi kehidupan- interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan-
bioteknologi
|
Peserta didik dapat memahami dan menguasai konsep:- sistem gerak manusia-
sistem pencernaan manusia- sistem peredaran darah manusia- sistem pernapasan
manusia- sistem ekskresi manusia- sistem reproduksi manusia- jaringan
tumbuhan- pewarisan sifat
|
Membandingkan· Memprediksi· Menghubungkan· Menerapkan· Menyimpulkan· Memberi contoh·Aplikasi
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan danpemahaman tentang:-
fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu- kepadatan
populasi manusia- pencemaran lingkungan- prosedur pengklasifikasian makhluk
hidup- kelangsungan makhluk hidup- pemanfaatan bioteknologi
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan danpemahaman tentang:-
mekanisme sistem gerak manusia- mekanisme sistem pencernaan manusia dan uji
makanan- mekanisme peredaran darah manusia- mekanisme pernapasan manusia-
menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia- kelainan dan penyakit pada sistem
reproduksi manusia- percobaan fotosintesis- pewarisan sifat untuk pemuliaan
makhluk hidup- penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia
|
Menilai· Mengevaluasi· Mensintesis· Menganalisis·Penalaran
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalammengkaji:- pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:- keterkaitan antara
sistem organ pada manusia- percobaan fotosintesis- pewarisan sifat makhluk
hidup untuk meningkatkankesejahteraan manusia
|
Memberi argumen· Menyelesaikan masalah· Mempertimbangkan·
|
- dampak interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya- pengaruh kepadatan
populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya
|
|
- sistem peredaran darah manusia
|
||
- sistem pernapasan manusia
|
||
- sistem ekskresi manusia
|
||
- sistem reproduksi manusia
|
||
- jaringan tumbuhan
|
||
- pewarisan sifat"
|
||
Membandingkan· Memprediksi· Menghubungkan· Menerapkan· Menyimpulkan· Memberi contoh·Aplikasi
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan danpemahaman tentang:-
fenomena interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan tertentu- kepadatan
populasi manusia- pencemaran lingkungan- prosedur pengklasifikasian makhluk
hidup- kelangsungan makhluk hidup- pemanfaatan bioteknologi
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan danpemahaman tentang:-
mekanisme sistem gerak manusia- mekanisme sistem pencernaan manusia dan uji
makanan- mekanisme peredaran darah manusia- mekanisme pernapasan manusia-
menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia- kelainan dan penyakit pada sistem
reproduksi manusia- percobaan fotosintesis- pewarisan sifat untuk pemuliaan
makhluk hidup- penerapan bioteknologi pangan bagi kehidupan manusia
|
Menilai· Mengevaluasi· Mensintesis· Menganalisis·Penalaran
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalammengkaji:- pengelolaan
lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
|
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam mengkaji:- keterkaitan antara
sistem organ pada manusia- percobaan fotosintesis- pewarisan sifat makhluk
hidup untuk meningkatkankesejahteraan manusia
|
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
|
Level Kognitif
|
Makhluk Hidup dan Lingkungannya
|
Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
|
Memberi argumen· Menyelesaikan masalah· Mempertimbangkan·
|
- dampak interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya- pengaruh kepadatan
populasi manusia pada makhluk hidup dan lingkungannya
|
Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 Mapel IPA-Kimia dan Fisika
Level Kognitif
|
Lingkup Materi
|
||
Pengukuran, Zat, dan Sifatnya
|
Mekanika dan Tata Surya
|
Gelombang, Listrik, dan Magnet
|
|
Menjelaskan· Mengelompokkan· Membedakan· Menunjukkan· Menyebutkan· Mengidentifikasi·Pengetahuan danPemahaman
|
Peserta didik dapat memahami tentang:- pengukuran- besaran dan satuan-
konsep zat dan wujudnya- zat dan perubahannya- zat aditif, zat adiktif, dan
psikotropika- partikel zat- campuran- larutan
|
Peserta didik dapat memahami tentang:- gerak lurus- hukum Newton- usaha
dan energi- pesawat sederhana- suhu dan kalor- tekanan- tata surya
|
Peserta didik dapat memahami tentang:- getaran dan gelombang- bunyi-
cahaya- listrik- kemagnetan
|
Memodifikasi· Menerapkan· Membandingkan· Mengurutkan· Memprediksi· Mendeskripsikan· Menghitung· Menginterpretasi· Mengklasifikasi·Aplikasi
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:- pengukuran-
konsep zat dan wujudnya- zat dan perubahannya- zat aditif, zat adiktif,
danpsikotropika- partikel zat- campuran- larutan
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:- gerak lurus-
hukum Newton- usaha dan energi- pesawat sederhana- suhu dan kalor- tekanan
|
Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang:- getaran dan
gelombang- bunyi- cahaya- listrik- kemagnetan
|
Merumuskan· Menyelesaikan masalah· Menganalisis· Menggabungkan· Menyimpulkan· Menemukan·Penalaran
|
Peserta didik dapat bernalar tentang:- konsep zat dan wujudnya- zat dan
perubahannya- zat aditif, zat adiktif, danpsikotropika- partikel zat-
campuran
|
Peserta didik dapat bernalar tentang:- gerak lurus- hukum Newton- usaha
dan energi- pesawat sederhana- tekanan- suhu dan kalor
|
Peserta didik dapat bernalar tentang:- getaran dan gelombang- bunyi-
cahaya- listrik- kemagnetan
|
Demikian tulisan tentang:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar