Rabu, 04 September 2019

DISIPLIN UNTUK MASA DEPANMU



Dalam mewujudkan siswa yang disiplin di sekolah harus di upayakan berbagai cara agar mereka bisa menjadi disiplin.
Ada Beberapa  penyebab yang melatarbelakangi ketidakdisiplinan mereka. Berikut penyebab yang sering membuat siswa melanggar disip lin sekolah.
  1. Faktor keluarga.
        Peran keluarga khususnya orang tua sangat berpengaruh dalam pendidikan karakter bagi anak. Karena apapun yang dilakukan oleh orang tua semua dilihat anak dan itu akan melekat dalam pikiran atau ingatan anak sampai dewasa nanti. Maka dari itu bagi orang tua jangan sampai melakukan hal-hal yang kurang patut dicontoh untuk anak.
Keluarga merupakan pendidikan utama maka ketika keluarga merenarapkan kedisiplinan di rumah  akan mempengaruhi kedisiplinan anak pula di sekolah 

      2 Faktor ekonomi keluarga.


      Faktor ekonomi keluarga bisa juga membuat anak menjadi tidak disiplin disekolah. Anak yang harus membantu orang tua untuk mencari nafkah demi melanjutkan kehidupan di hari esok yang bisa membuat konsentrasinya menjadi terpecah. Tak jarang anak yang bekerja dari ia pulang sekolah hingga malam menjelang tidur. Belum lagi rasa lelah karena harus bekerja membanting tulang membantu kehidupan perekonomian orang tuanya itu terbawa hingga ke sekolah yang membuat anak terpaksa harus sering melanggar disiplin sekolah, seperti :
  • Sering terlambat datang ke sekolah.
  • Ketiduran pada jam pelajaran.
  • Sering tidak mengerjakan PR.
  • Atribut yang tidak lengkap.
  • Sering bolos pada jam pelajaran dan sering absen.

       3. Faktor pergaulan.
 
          Faktor yang paling sering membuat siswa melanggar disiplin sekolah adalah faktor pergaulannya sehari-hari. Pergaulan memberi pengaruh yang besar dalam membentuk tingkah laku anak sekolahan. Baik pergaulan dalam lingkungan sekolah atau pun di luar sekolah. Mereka yang biasa bergaul dengan anak yang bandel dan suka melanggar peraturan akan terbiasa dengan hal tersebut dan akan membawanya ke sekolah. Anak-anak lain yang berteman dengannya juga bisa menjadi terpengaruh dengan mudah.