Jumat, 24 April 2020

AMALAN SUNAH KETIKA BERBUKA PUASA

5 Amalan Sunnah Ketika Berbuka Puasa, Biar Penuh Berkah

1. Menyegerakan berbuka puasa
“Menyegerakan berbuka puasa saat waktunya tiba merupakan salah satu anjuran nabi Muhammad SAW. Dan bagi umat muslim, waktu berbuka puasa adalah saat waktu azan Magrib berkumandang. Anjuran ini merupakan sunnah yang tak hanya berpahala, tetapi juga mengandung nilai kesehatan yang baik untuk mengembalikan kondisi tubuh.

2. Berbuka dengan kurma atau seteguk air
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3/164, hasan shahih)
Makanan atau minuman manis adalah sumber kalori yang mudah untuk diproses oleh tubuh dengan cepat. Sehingga tubuh kembali mendapatkan energi setelah tidak terisi selama kurang lebih 14 jam.

3. Membaca doa berbuka puasa
Berbuka adalah salah satu kebahagiaan yang didapat mereka yang berpuasa. Namun jangan sampai terlena dengan lupa berdoa

4. Bersedekah dengan memberi makan orang yang berbuka puasa
“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, hasan shahih)
Bulan Ramadan adalah waktu di mana kita berlomba-lomba untuk meraih kebaikan. Salah satu amalan yang pahalanya luar biasa adalah dengan memberi makan orang berpuasa, meskipun hanya dengan sebiji kurma. Amalan ini pun bisa jadi andalan untuk para wanita yang sedang berhalangan puasa, sehingga mereka tidak kehilangan pahala puasa.

5. Tidak berlebih-lebihan dalam berbuka puasa
Saat berbuka puasa, kita biasanya dihidangkan berbagai jenis makanan dari mulai yang ringan hingga makanan berat. Terkadang saking bernafsunya, kita ingin melahap semua yang ada di depan mata. Salah satu anjuran ketika berbuka adalah tidak berlebih-lebihan. Tak hanya sunnah nabi, hal tersebut juga tidak baik untuk tubuhmu. 
Berlebih-lebihan saat berbuka puasa justru akan membuat berat badanmu lebih cepat naik dan menyebabkan kantuk serta gangguan pencernaan. Sehingga tidak bisa maksimal saat beribadah salat tarawih.
Itulah lima amalan sunnah saat berbuka puasa yang perlu kita pahami agar ibadah kita bisa maksimal dan penuh berkah.

2 komentar:

  1. Bentar Lagi Buka Beli Takjil Yuk :)

    BalasHapus
  2. Semoga kita termasuk kedalam umat yg mengamalkan sunah2Nya..Amiiin

    BalasHapus