Rabu, 25 Oktober 2023

Kunjungan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor Ke MTs Al Ikhlas



Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor mengadakan sosialisasi konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Kegiatan sosialisasi tersebut diadakan di MTs Al Ikhlas, Desa Gunungputri, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Selasa (10/10/23).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor Asep Mulyana mengatakan, kegiatan B2SA ini merupakan kegiatan pemahaman kepada anak dalam mengkonsumsi makanan yang sehat, seimbang dan aman. Alasan sekolah yang disasar, sambung Asep, karena anak sekolah rentan dengan mengkonsumsi makanan sembarangan tanpa memikirkan kandungan gizi yang dihasilkan dari makanan tersebut.

“Ini kegiatan yang pertama, nantinya kami akan sasar sekolah lain untuk melakukan sosialisasi B2SA ini. Tanpa disadari oleh anak, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan kadar gizi yang rendah akan mengganggu konsentrasi belajar dan daya tangkap anak tersebut,” 

Sementara Camat Gunung Putri Kurnia Indra yang belum genap sebulan menjabat sebagai camat menyebut kegiatan sosialisasi B2SA ini sangat bermanfaat. Karena targetnya adalah anak-anak, maka kegiatan dengan cerita-cerita dongeng yang memang disenangi oleh anak.

“Dalam kegiatan ini juga ada pendongeng yang akan menjadi pemateri, karena target sasarannya adalah anak, jadi kita menyesuaikan dengan usia mereka cara memberikan pemahaman tentang B2SA ini,” cetus mantan Kabag Protokoler Setda Kabupaten Bogor tersebut.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Desa Gunungputri Daman Huri yang menyebut sosialisasi B2SA ini nantinya akan disampaikan juga kepada PKK dan Posyandu agar menyampaikan kepada para orang tua terutama kaum ibu untuk menyediakan makanan yang sehat, bergizi dan aman untuk keluarga mereka.

“Kami akan sosialisasikan juga kepada kaum ibu nantinya, jadi tidak hanya anak yang menjaga pola makan tapi juga ibu yang notabene sebagai penyedia makanan yang dikonsumsi keluarganya,” tuturnya.

Sementara kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh 150 sisiwa MTs Al Ikhlas, Camat Gunung Putri Kurnia Indra, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Asep Mulyana, Kepala Desa Gunung Putri Daman Huri, Ketua BPD Desa Gunung Putri, serta Kabis dan Kasie DKP Kabupaten Bogor.

** Nay Nuráin

jurnal isnpirasi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar