Selasa, 19 Desember 2023

EVALUASI KINERJA GURU SEMESTER 1 2023

 Selasa 19 Desember 2023 Kepala MTs Al ikhlas mengadakan rapat evaluasi untuk semester satu tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap akhir semester. Selain itu rapat ini merupakan rapat evaluasi sejauhmana guru telah menjalankan tugasnya selama semester 1 dan mengevaluasi hasil pembelajaran siswanya.

Evaluasi menjadi hal penting dilakukan pada satuan pendidikan. Evaluasi menjadi penting, sebab evaluasi dijadikan tolok ukur dan pedoman dalam kebijakan serta pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia evaluasi berarti penilaian. Mengevaluasi berarti memberi penilaian. William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann (1978) mengemukakan arti evaluasi sebagai proses perencanaan, memperoleh, menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan. Evaluasi merupakan suatu proses untuk menyediakan informasi tentang sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah dicapai, bagaimana perbedaan pencapaian itu dengan suatu standar tertentu untuk mengetahui apakah ada selisih di antara keduanya, serta bagaimana manfaat yang telah dikerjakan itu bila dibandingkan dengan harapan-harapan yang ingin diperoleh (Umar, 2005).
Dalam lingkup satuan pendidikan, evaluasi semester adalah kegiatan rutin yang dilakukan untuk melihat dan menilai keberhasilan program kerja dan proses kegiatan pembelajaran selama satu semester berlangsung. Terkait hal ini, evaluasi yang dibuat yaitu penilaian akademik peserta didik juga bagaimana program pembelajaran yang dilakukan guru di kelas.
Dalam rapat evaluasi kali ini juga menetapkan pembagian raport untuk siswa/imts alikhlas pada semester 1 dn libur semester dan untuk pembagian raport dilaksanakan pada hari Jumat 22 Desember 2023 libur semester sampai tgl 7 Januari 2024 masuk kembali pada tgl 8 Januari 2024.#RSW




Tidak ada komentar:

Posting Komentar