Senin, 11 Maret 2024

NIAT PUASA RAMADHAN

 Niat Puasa Ramadhan menjadi salah satu yang sering diucapkan di Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang sangat ditunggu oleh umat Islam. Karena, di bulan Ramadhan, para umat Islam dapat menjalankan salah satu dari Rukun Islam. Untuk menyempurnakan salah satu ibadah wajib ini, perlu diketahui apa niat puasa Ramadhan ini dan kapan waktu yang paling tepat untuk membaca niat puasa Ramadhan. 

Para ulama menyebut waktu yang tepat untuk niat puasa Ramadhan adalah di malam hari, sebelum fajar (Subuh) tiba. Dalam konteks ini, “malam” diartikan sebagai waktu antara Maghrib hingga sebelum terbit fajar (Subuh). 

Berdasarkan Hadits Niat Puasa Ramadhan, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang tidak berniat puasa sebelum fajar, maka tidak sah puasanya.” (HR. An-Nasa i dan Abu Dawud)

Dalil lain yang memperkuat argumen ini adalah Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban:

“Sesungguhnya niat (puasa) adalah pada malam hari, barangsiapa yang berbuka sebelum meniatkan (puasa) pada malam hari, maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Ibnu Hibban). 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa waktu yang tepat untuk mengucapkan niat puasa Ramadhan adalah di malam hari, sebelum waktu Subuh tiba. 

Dan sebaiknya, orang yang akan berpuasa, mengucapkan dalam hati bahwa dirinya akan berpuasa sepanjang bulan Ramadan ini, qurbatan ilallah ta ala (untuk mendekatkan diri dengan Allah). Disarankan untuk menghadap ke arah Kakbah atau Kiblat, mengangkat tangan ke langit, lalu mengucapkan doa niat puasa ramadhan.

Doa niat puasa ramadhan yang sering digunakan dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

“Nawaitu shouma ghodin an adaai fardhi syahri Romadhoona hadzihis-sanati lillahi ta aala."


Marhaban Ya Ramadhan 1445 H



Tidak ada komentar:

Posting Komentar