Rabu, 04 September 2024

SKRINING KESEHATAN

 


Skrining Rematri merupakan program Ditjen Kesmas Kementerian Kesehatan RI dalam rangka pemenuhan cakupan standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan terkait pelayanan kesehatan pada anak usia pendidikan dasar. Tujuan skrining ini untuk mendeteksi anak-anak yang mungkin mengalami anemia atau kurang darah. Sehingga skrining anemia yang dilakukan ini sangatlah penting untuk mencegah anemia pada anak, khususnya remaja putri. 

Pada hari Kamis 5 September 2024 PUSKESMAS Kranggan Kecamatan Gunung Putri melaksanakan program pemerintah untuk mencegah Stunting. Terkait itu, puskesmas pun melakukan Skrining Anemia pada remaja putri (Rematri) dan Pemeriksaan Hemoglobin (Hb).

Skrining Anemia dilakukan seluruh siswa/I MTs Alikhlas dari kelas 7,8 dan 9 Skrining dilakukan karena remaja putri mengalami menstruasi yang menyebabkan remaja putri seringkali kehilangan darah yang cukup banyak. Kondisi ini, jika tidak diimbangi dengan asupan gizi yang baik, maka dapat menyebabkan remaja terkena Anemia.

Pada kegiatan ini Siswa/I  diukur tinggi badan (TB), ditimbang berat badan (BB), dan lingkar lengan atas (LILA), serta dilakukan pemeriksaan Hb.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar